polusi cahaya

Pengertian Polusi Cahaya
Polusi cahaya adalah salah satu jenis polusi. Definisi dari polusi cahaya yaitu dampak buruk dari berlebihnya cahaya buatan manusia. Polusi cahaya membuat bintang-bintang di langit malam tidak dapat terlihat pada langit malam bagi penduduk kota, mengganggu observasi astronomi. Seperti polusi jenis lain, polusi cahaya juga mengganggu ekosistem dan merugikan untuk kesehatan. Polusi cahaya bisa dibagi menjadi dua tipe: 1) cahaya yang mengganggu pada alam dengan pengaturan cahaya yang rendah, dan 2) cahaya yang berlebihan (biasanya pada dalam ruangan) yang membuat ketidaknyamanan dan pengaruh yang buruk untuk kesehatan. Sejak awal 1980-an, gerakan dark-sky telah muncul, dengan orang-orang yang peduli berkampanye untuk mengurangi jumlah polusi udara.
Polusi cahaya adalah efek samping dari peradaban industrilisasi. Polusi cahaya biasanya berasal dari pencahayaan bangunan baik interior maupun eksterior, iklan, properti komersial, perkantoran, pabrik-pabrik, lampu jalan, dan pencahayaan dari tempat-tempat olahraga. Hal ini paling parah terjadi di daerah industrialisasi dan di daerah yang padat penduduk seperti Amerika Utara, Eropa, dan Jepang serta kota-kota besar di Timur Tengah dan Afrika Utara seperti Kairo, tetapi dalam jumlah kecil pun polusi cahaya juga dapat bermasalah. Seperti polusi yang lainnya, polusi cahaya juga berdampak buruk untuk lingkungan.
Jenis-jenis Polusi Cahaya
Polusi cahaya adalah istilah luas yang mengacu ke beberapa masalah, yang semuanya disebabkan oleh tidak efektifnya penggunaan cahaya buatan manusia. Polusi cahaya terkategori menjadi light trespass (cahaya yang salah masuk), over-illumination (penerangan yang berlebih), glare (cahaya yang menyilaukan), light clutter (kekacauan cahaya), dan sky glow (langit yang bercahaya). Sebuah sumber cahaya biasanya menyinggung lebih dari satu kategori ini.
Light Trespass (cahaya yang salah masuk)
Light trespass biasanya terjadi ketika cahaya yang tidak diinginkan masuk ke sebuah properti, misalnya, bersinar melewati pagar tetangga. Masalah yang biasanya terjadi ketika cahaya yang kuat masuk melalui salah satu jendela rumah dari luar rumah sehingga menyebabkan gangguan tidur atau menutupi pemandangan malam.

Beberapa kota di Amerika Serikat telah membentuk standar pencahayaan luar ruangan untuk melindungi hak warganya dari light trespass. Untuk membantu, International Dark-Sky Association telah mengembangkan seperangkat model pencahayaan. The Dark-Sky Association dibentuk untuk mengurangi cahaya naik ke langit yang mengurangi penampakan dari bintang-bintang. Light Trespass bisa dikurangi dengan cara memilih lampu yang membatasi jumlah cahaya yang dipancarkan lebih dari 80 di atas titik nadir.
Over-illumintion (penerangan yang berlebih)
Over-illumination adalah penggunaan cahaya yang berlebihan. Over-illuminnation berasal dari bebereapa faktor:
• Tidak menggunakan timer, penempatan sensor atau kontrol yang lainnya untuk memeatikan lampu pada saat tidak dibutuhkan.
• Desain yang tidak layak, khususnya ruang kerja, dengan menentukan tingkat cahaya yang lebih tinggi daripada yang dibutuhkannya.

• Salah memilih perlengkapan penerangan atau bohlam lampu, yang tidak cocok dengan area yang membutuhkannya.

• Tidak layaknya pemilihan hardware untuk menggunakan lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas pencahayaannya,
• Kurangnya pelatihan untuk karyawan dan penghuni bangunan lainnya unutk menggunakan sistem pencahayaan yang efektif.
• Pemeliharaan pencahayaan yang tidak memadai mengakibatkan peningkatan pencahayaan dan biaya energi.
• Penggantian lampu merkuri tua dengan lampu natrium halida dengan menggunakan tenaga listrik yang sama.
Sebagian besar masalah diatas dapat di atasi dengan mudah dan teknologi yang murah, tetapi yang paling penting adalah kesadaran publik untuk mengurangi over-illumination.
Glare (cahaya yang menyilaukan)
Glare dibagi menjadi tiga kategori;
• Silau yang membutakan (blinding glare) dapat dideskripsikan seperti efek setelah melihat matahari, membutakan dan meninggalkan defisiensi penglihatan baik sementara maupun permanen.


• Silau yang membuat tak mampu melihat (disability glare) dapat dideskripsikan seperti efek setelah melihat lampu mobil yang sedang melaju, mengurangi kontras, dengan pengurangan yang signifikan dalam kemampuan melihat.
• Silau yang membuat tak nyaman melihat (discomfort glare) tidak menyebabkan situasi yang bahaya, meskipun mengganggu dan menjengkelkan. Dapat menyebabkan kelelahan jika mengalami dalam waktu yang cukup lama.
Menurut Mario Motta, Presiden Massachusetts Medical Society, “… Cahaya yang silau dari pencahayaan yang buruk adalah masalah kesehatan publik, terutama jika umurnya lebih tua. Cahaya yang silau berhamburan di mata menyebabkan hilangnya kontras dan menyebabkan kondisi yang tidak aman untuk mengendarai kendaraan.”
Light Clutter (kekacauan cahaya)
Light clutter adalah berlebihnya cahaya yang berkelompok. Cahaya yang berkelompok dapat menimbulkan kebingungan, dan dapat menyebabkan kecelakaan. Light Clutter biasanya terjadi di jalanan, karena desain yang buruk dari lampu jalanan, atau iklan yang terang benderang mengelilingi jalan. Terantung pada motif orang atau organisasi yang memasang lampu, pemasangan dan desain yang mereka lakukan bertujuan untuk mengalihkan perhatian pengendara, dan dapan berkontribusi untuk kecelakaan.
Skyglow (langit yang bercahaya)
Skyglow yang merujuk pada “sinar” efek yang dapat dilihat pada area yang padat penduduknya. Skyglow merupakan kombinasi dari semua lampu yang dipantulkan ke langit yang tersebar dan kembali ke tanah oleh atmosfer. Hamburan ini sangat terkait dengan panjang gelombang cahaya ketika udara sangat bersih (dengan jumlah aerosol yang sedikit).


Cahaya merupakan masalah bagi astronom pemula, karena keahlian untuk mengobservasi langit malam dengan properti mereka cenderung terhambat cahaya yang berada disekitarnya. Sehingga sebagian besar observatorium astronomi berada pada zona yang dijaga ketat pembatasan emisi cahayanya.

sumber: Klinkenborg, Verlyn. “Our Vanishing Night”. National Geographic,
November 2008.

About these ads

Posted on Januari 1, 2010, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. makasih yah artikelnya. membantu banget sama kebutuhan saat ini. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: